" />

KORAN KAMPUS IPB

Dengan Pena Menjerat Berita Mengguncang Dunia

Refleksi Ulang Tahun Koran Kampus IPB : Mengemban Nilai dalam Kebebasan

February 18th, 2012

Delapan tahun silam, tanggal 18 Februari 2004, empat orang mahasiswa berinisiasi membangun wadah jurnalistik yang independen di kampus IPB. Sebuah langkah baru guna memperbaharui semangat pers di IPB. Saat itulah, Koran Kampus IPB berdiri sebagaiĀ  Lembaga Pers Mahasiswa di tanah IPB.

Seperti tertuang dalam UU Pers, lembaga pers sering disebut sebagai pilar keempat demokrasisetelah lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif , serta pembentuk opini publik yang paling potensial dan efektif. Menurut tokoh pers, Jakob Oetama , syarat mutlak agar pers dapat secara optimal dijalankan perannya jika diberikan kebebasan pers. Sayangnya, kebebasan pers tersbut sering disalahartikan sebagai kebebasan sebebas-bebasnya tanpa memperdulikan norma, etika, dan nilai luhur kehidupan yang diemban.

Di usia ke delapan Koran Kampus IPB ini, semangat kebebasan pers dengan tetap mengemban nilai luhur akan menjadi acuan untuk mengarungi gejolak kehidupan IPB tahun ini. Pelajaran tahun sebelumnya akan menjadi batu pijakan untuk meningkatkan kualitas produk jurnalistik Koran Kampus IPB 2012. Peluncuran produk Online, buletin, karya profesi, tabloid, dan majalah diharapkan mampu menjadi wadah aspirasi mahasiswa IPB dengan ketajaman analisa dan keberimbanganya. Pembentukan sistem kerja baru, pelatihan profesional, dan kejelasan target terbit merupakan upaya jelas tindak lanjut evaluasi tahun sebelumnya.

Koran Kampus IPB 2012 menegaskan kembali bahwa Koran Kampus IPB adalah lemabaga pers yang independen, tidak berpihak, dan tidak punya kepentingan apapun selain untuk pencerdasan pembaca. Koran Kampus IPB akan mengkritisi rezim yang mendominasi dan mengapresiasi setiap prestasi sebagai upaya ketidakberpihakan. Dengan demikian, independensi Koran Kampus IPB semoga akan terus terjaga dengan pengawasan dari mahasiswa sebagai pembaca setia.

Selamat Ulang Tahun Koran Kampus IPB !

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*